Jumat, 02 Desember 2016

Tingkat Kematangan Steak

TINGKAT KEMATANGAN STEAK

Image result for tingkatan kematangan daging steak

Jika Anda senang menyantap steak, Anda pasti tahu, jika memesan hidangan ini di sebuah restoran Anda akan ditanya, "Tingkat kematangan dagingnya hingga apa?" Begitu kira-kira pertanyaannya. Ada tingkat kematangan Rare (mentah). Jangan takut dulu karena merasa ingin menyantap daging yang benar-benar mentah, kondisi tersebut berarti yang terpanggang hanya bagian luar. Anda tidak perlu juga merasa takut karena bagian dalam masih berwarna merah, kondisi ini ternyata diperlukan untuk mendapatkan daging yang juicy. Mau tahu tingkat kematangan daging lainnya? Ini dia:

1.     Blue
Image result for steak blue
Ternyata ada satu tingkat sebelum Rare (mentah). Pada tingkat kematangan ini, bagian daging yang terpanggang hanya bagian luarnya saja. Tekstur daging cenderung seperti gel namun agak alot ketika dikunyah.

2.     Rare
Image result for steak rare
Tingkat ini menunjukkan bahwa kondisi daging hanya terpanggang di bagian luar. Sekitar 75 persen bagian dalamnya masih berwarna merah. Untuk mendapatkan kondisi daging yang lembut dan juicy di tingkat kematangan ini, daging dipanggang pada suhu sekitar 48 derajat Celcius.

3.     Medium Rare
Image result for steak blue
Sekitar 50 persen daging telah terpanggang dengan menyisakan sedikit bagian yang masih berwarna merah di bagian dalam. 

4.     Medium
Image result for steak medium
Di tingkat kematangan ini, tekstur daging mulai kering dan lebih keras. Daging pun tampak berwarna kecoklatan dengan sedikit bagian pink di bagian dalam. Tingkat kematangan ini membutuhkan kira-kira 8-10 derajat Celcius lebih panas dibandingkan Rare. 

5.     Medium Well Done
Image result for medium well done steak
Pada tingkat ini kematangannya hampir sama dengan tingkat Medium, tapi bagian tengah daging sudah berwarna merah muda hampir matang. Di kondisi ini, daging tidak lagi terasa juicy.

6.     Well Done
Image result for well done steak
Steak pada tingkat ini dipanggang hingga matang sempurna. Warnanya coklat merata di seluruh bagian daging. Tekstur daging akan lebih keras karena kandungan air dalam daging lebih banyak menguap sehingga daging sama sekali tidak terasa juicy. Suhu daging ketika selesai dimasak sekitar 70-80 derajat Celcius.

Demikian artikel mengenai tingkat kematangan steak. Jadi, Anda sudah tahu bukan? Akan memesan steak pada tingkat kematangan yang mana. Semoga artikel ini dapat membantu para pembaca sekalian. Terimakasih^^



Terimakasih sudah mengunjungi blog kami.^^
Sumber:  http://www.pesona.co.id/article/antara-rare--medium-dan-well-done-
Re-write by Upika Aspri Adhiyantie
Kritik dan saran silahkan email ke care@dluha.com
Jika ada kata-kata yang kurang berkenan dapat kami perbaiki.^^


**Jasa Skripsi, Olah Data, Jasa Pembuatan Skripsi, Bimbingan Skripsi Kota Cianjur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.